Selasa, 09 November 2010

Cabang-cabang ilmu DKV



Seiring dengan berkembangnya zaman, desain pun ikut menggembangkan sayap hampir di setiap sudut kehidupan. Peralahan tapi pasti para desainer telah mengubah dunia dengan desain-desain yang mereka buat. Kini perkembangan cabang-cabang ilmu desain sudah lumayan banyak seiring meluapnya alumni-alumni desain belakangan yang merupakan jurusan yang sedang tren.

Seperti yang telah dijelaskan pada awal pembicaraan bahwa desain sekarang telah menggerogoti kehidupan manusia dan sulit untuk melepaskan diri dari style, fashion, dan desain-desain lainnya. Oleh karna itu Tidak sulit sebenarnya untuk memikirkan tentang pekerjaan dalam bidang desain.bagi yang tidak mempunyai keahlian utama dalam desain mungkin bisa memilih jalur penjurusan lainnya yang tidak kalah seru dan menantang. Menjadi seorang enterpeneurship juga telah menjadi salah satu keahlian bagi mahasiswa yang di tanamkan sejak bangku kuliah agar di ajarkan bagaimana membangun usaha kreatif sendiri tanpa harus melulu kerja di perkantoran. Di tengah meluapnya alumni-alumni desain tentu akan sangat sulit sekali untuk berebut suatu posisi dalam perusahaan besar maupun kecil yang memang tidak terlalu banyak jumlahnya di Indonesia untuk menampung jumlah desainer-desainer muda.
Khusus Bagi mahasiswa-mahasiswa desain terutama DKV yang sebentar lagi akan memilih bidang penjurusan. Tentu di antara mahasiswa-mahasiswa kemungkinan ada yang sudah memliki keinginan paten untuk memilih jurusan mana nantinya yang akan di tekuni. Lalu bagi sebagian mahasiswa nya lagi yang bingung dengan skill gambar pas pas an, merasa kurang kreatif, atau sebenarnya memilih jurusan perkuliahan DKV hanya sekedar ingin melanjutkan pendidikan, pasti merasa bingung untuk memilih jurusan yang tepat dan di inginkan.

Perlu diketahui, jika saat memilih jurusan kuliah sebenarnya kamu sudah menentukan sebagian besar langkah hidup yang akan kamu tekuni hingga tua nanti. Seperti contoh kamu memilih desain. Kelak selama kuliah kamu hanya akan mendapat ilmu seni dan jarang mendapat pengetahuan-pengetahuan di luar seni. Otomatis ketika kamu lulus dengan menyandang gelar sarjana desain memiliki ilmu-ilmu tersebut. Beda halnya jika kamu tiba-tiba banting stir ke ekonomi. Gak lucu kan di pembukuan nanti kamu malah nyoret-nyoret graffiti? (khayalan yang gak mungkin terjadi)

 Memilih jurusan juga menentukan langkah kamu untuk lebih serius di bidang yang kamu ambil. Pilih lah jurusan ituh dengan matang-matang. Kalau perlu bertanya dan banyak-banyak sharing lah pada orang-orang terdekat tentang persentase kecocokan kamu dalam bidang penjurusan. Berikut akan di hadirkan daftar perkembangan cabang-cabang ilmu Desain terutama DKV pada umumnya beserta profesi-profesi yang memungkinkan dari tiap-tiap jurusan.
Fotografi --) Fotografer
Animasi --) Animator
Web --) Web designer
Photo Retouching --) Digital Imaging Artist (‘tukang edit foto’ bahasa gaulnya)
Suka bikin konsep --) creative director
Multimedia --) multimedia designer  Sablon
Logo, flyer, brosur, packaging --) graphic designer, branding consultant
Sablon --) bisa wirausaha percetakan dan sablon
Illustrasi --) illustrator
Digital coloring --) texture artist, colorist
3D modeling --) 3D modeler, game designer
Compositing/ video editing --)motion graphic designer, animator, art director
Tipografi --) graphic designer
Advertising --) creative director, graphic designer
Dan banyak lagi enterpeneurship lainnya yang tak muat jika di jajarkan satu persatu. Mungkin kamu salah satu nya nanti yang dapat menambah daftar-daftar pekerjaan Design suatu saat nanti?

Posted By: Natasia

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar