Selasa, 30 November 2010

Wedha Abdul Rasyid

                Wedha Abdul Rasyid adalah seorang Bapak Illustrator Indonesia. Karyanya yang paling terkenal adalah dengan menghadirkan bentuk visual dari Lupus (sebuah novel yang sangat terkenal pada tahun 1980-1990an yang diadaptasi menjadi sebuah novel dari cerita pendek). Bapak Wedha ini juga merupakan seorang illustrator pada majalah remaja Hai. Kontribusinya dalam bidang illustrasi dan seni rupa sangat banyak sehingga beliau sangat di’tua’-kan dalam hal illustrasi.
                 Profesinya sebagai illustrator sudah dikerjakan Wedha sejak tahun 1970-an. Pada tahun 1977, ia bergabung dengan majalah Hai, dan banyak membuat ilustrasi terutama pada karya-karya fiksi Arswendo Atmowiloto dan Hilman. Di majalah itulah, Wedha mengerjakan potret para tokoh dunia dari segala latar belakang. Misalnya seoarang tokoh politik, musisi, seniman, sampai tokoh-tokoh fiktif.
                Pada tahun 1990, Wedha memulai gaya baru untuk pengaplikasian ilustrasi gambar wajah. Hal ini menurutnya dikarenakan penurunan daya penglihatannya karena usia yang telah mencapai 40 tahun sehingga ia sulit menggambar wajah dalam bentuk realistis dan detail. Beliau kemudian mencoba ilustrasi dengan bergaya kubisme. Gaya ini kemudian tumbuh dan semakin populer sebagai bagian dari gaya pop art bahkan hingga sampai saat ini.Ia menyebut gaya aliran ilustrasi ini adalah Wedha’s Pop Art Potrait (WPAP), bahkan ada yang menyebutnya sebagai aliran Wedhaism.
                Wedha memiliki bentuk dan tekhnik yang khas. Beliau menggambarkan wajah para tokoh dengan menusunnya dalam mosaik warna yang dipecah menurut faset-fasetnya. Tekhniknya lebih menggabungkan ragam warna yang harmonis, sehingga membentuk tokoh yang digambarkan. Meski hasil karyanya tidak detail, namun mampu mewakili karakter wajah dengan sangat baik.
                Anda akan dapat mengenali wajah-wajah mendunia, seperti Mick Jagger, Jimmy Hendrix, Jim Morrison, The Beatles, Elvis Presley, Sting, Bono, Queen. Ada juga tokoh-tokoh politikus seperti, JFK, Bung Karno, Indira Gandhi, Benazir Buttho, Fidel Castro, Ahmadinejad. Ada pula potret Rendra, Slank, Jakob Oetama, John Lenon sampai Andy Warhol.  
               
Contoh berbagai macam jenis ilustrasi pop art yang menggunakan teknik WPAP:
 
Andy Warhol

James Dean
Pearl Jam

Shakira

Sting
The Beatles

The Beatles


Posted By: Natasha Oswari

  Jack Johnson

Tidak ada komentar:

Posting Komentar