Selasa, 09 November 2010

Perkembangan Komunikasi Grafis

            Komunikasi Grafis merupakan bidang profesi yang berkembang sangat pesat sejak Revolusi Industri (pada abad ke-19) disaat informasi melalui media cetak makin luas digunakan dalam perdagangan (iklan, kemasan), penerbitan (koran, buku, majalah) dan informasi seni budaya. Perkembangan bidang ini erat hubungannya dengan meningkatnya kesadaran akan manfaat yang dapat dipetik dari keakuratan penyampaian informasi pada masyarakat.
            Perkembangan di atas juga dipacu oleh kesadaran yang makin tinggi pada efektivitas bahasa rupa (viusal) dalam komunikasi masa kini. Bila pada awal munculnya mesin cetak abad ke-15 istilah bidang ini adalah “Graphic Arts” yang masih dikonotasikan dengan seni, maka abad ke-20 istilahnya menjadi “Graphic Communication” atau juga “Visual Communication”. Hal ini menggambarkan peranan komunikasi sebagai kunci profesi dalam bidang ini.
            Saat sekarang ini, peranana komunikasi yang diemban makin beragam, misalnya Informasi Umum (Information Graphics, Signage), pendidikan (materi pelajaran dan ilmu pengetahuan, pelajaran interaktif pendidikan khusus), persuasi (periklanan, promosi, kampanye sosial) dan pemantapan identitas (logo, corporate identity, branding). Munculnya istilah “komunikasi visual” sebenarnya merupakan akibat dari makin meluasnya media yang dicakup dalam bidang komunikasi lewat bahasa rupa ini: percetakan/grafika, film dan video, televisi, web design dan CD interaktif.
            Perkembangan itu telah membuat bidang ini menjadi kegiatan bisnis yang sekarang sangat marak dan melibatkan modal besar dan banyak tenaga kerja. Kecepatan perkembangannya pun berlomba dengan kesiapan tenaga penunjang pada profesi ini. Karena itu perlu disiapkan suatu standard yang dapat jadi acuan bagi tenaga kerja dalam profesi ini, baik dalam posisinya dalam jenjang ketenagakerjaan maupun dalam perencanaan pendidikan penunjangnya.
            Standarisasi yang saat ini dibuat tak mungkin menahan laju perkembangan bidang Komunikasi Grafis. Tetapi dengan melihat apa yang telah terjadi baik di negeri orang maupun negeri sendiri, diharapkan usaha membuat acuan dapat mengantisipasi perkembangan bidang ini.


Created By: Natasha Oswari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar